Tanjung Enim, bentarlagi.com – Sebagai salah satu wujud syukur PT Bukit Asam (PTBA) atas hasil kerja sepanjang tahun 2018. Perusahaan BUMN ini membagikan 9000 paket sembako kepada masyarakat miskin yang ada di sekitar operasi usaha. Meliputi Kabupaten Muara Enim dan Lahat, diantaranya Kecamatan Muara Enim, Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Kecamatan Merapi Barat serta Merapi Timur di Kabupaten Lahat. Acara pembagian paket sembako berupa beras, gula, minyak goreng, susu, dan kopi itu dilakukan di Masjid Jamik Bukit Asam Tanjung Enim pada 1 Januari 2019.

Acara itu di hadiri Direktur Umum dan SDM Joko Pramono, GM UPTE Suhedi, SM CSR Kanthi Miarsho, Manager Humas Efensi, M Saman, Team sembako CSR PTBA, Gito Purwoko, Syamsuir, Listati, Mustafa Kamal, Listati, Hartoyo, dan Aliposan. Serta unsur pemerintahan Desa, dan Kecamatan.

Menurut Joko Pramono, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembagian 9000 paket sembako ini sebagai wujud rasa syukur atas pencapaian kinerja usaha perusahaan disepanjang tahun 2018. Kemudian prestasi perusahaan tambang batubara ini berhasil mempertahankan perolehan penghargaan Proper Emas ke 6 kalinya di bidang kepedulian lingkungan.

“Pembagian 9000 paket sembako ini kepada masyarakat di ring 1 PTBA meliputi 25 desa, yang ada di 5 Kecamatan, Yakni Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, Muara Enim, dan Merapi Timur, Merapi Barat Kabupaten Lahat. Serta kepada sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan. Kegiatan ini bagian dari program CSR PTBA,”ucap Joko.

Dari pemerintah, disampaikan oleh Lurah Pasar Tanjung Enim, Najiburahman SE MM mengatakan apresiasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka bersinergi dengan pemerintah serta masyarakat sekitar dalam berbagai kegiatan. Selanjutnya, dia meminta kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar ring 1 PT Bukit Asam untuk terus mendukung kegiatan usaha dari perusahaan.

“Apabila perusahaan ini dapat terus berjalan dengan baik dan lancar, maka kita masyarakat yang ada di sekitar perusahaan ini akan kena imbasnya secara positif. Salah satunya bantuan-bantuan langsung kepada masyarakat akan terus ditingkatkan oleh perusahaan. Maka dari itu mari kita terus dukung kegiatan-kegiatan perusahaan ini untuk mensejahterakan masyarakat,”kata Najib.

Sementara itu, Tukiran (60) warga Kecamatan Lawang Kidul dan salah satu penerima bantuan paket sembako dari PTBA mengaku bahwa bantuan ini sangat diharapkan, dan kedepan perusahaan ini bisa terus peduli dan bisa membantu masyarakat miskin yang ada di sekitar wilayah kerja dari PTBA.

“Mudah-mudahan perusahaan dapat terus peduli dan membantu warga miskin seperti saya ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memberikan bantuan sembako ini,”kata Tukiran. (eko)