bentarlagi.com – Sumatera Selatan, secara geografis sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Hidup Palembang. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

Terdapat 17 pemerintahan kabupaten – kota disini dengan segala keunikan budaya, bahasa, suku dan tradisi miliki daya tarik sendiri untuk berwisata dengan keaslian alam yang tak akan ditemukan di tempat lain di seluruh nusantara.

Salah satu yang sudah menjadi buah bibir para pelancong nusantara ketika menyebut Sumatera Selatan dan Palembang pasti rasa belum menginjak Palembang dan Sumsel ketika tidak menyempatkan diri ke salah satu Kota administratif Pagar Alam.

Lantas apa aja yang bikin Pagar Alam ini sebegitu hebatnya untuk kamu kunjungi? Terus jika mau kesana gimana caranya?

Dibawah ini bisa kamu telusuri untuk menjawab pertanyaan diatas.

Pagar Alam bisa dicapai dalam 7 jam dari Palembang, ibukota Sumatera Selatan, dengan kendaraan roda empat. Namun, bisa juga dijejaki via udara, dengan penerbangan selama 40 menit. Rute penerbangan yang dilayani oleh Wings Air ini adalah Palembang-Lahat. Lahat merupakan kabupaten yang bersebelahan dengan Pagar Alam.

Salah satu objek wisata yang dikenal dari kota ini adalah Gunung Dempo. Sebenarnya, selain gunung ini, masih ada wisata alam maupun hal lain yang menarik di Pagar Alam.

1. Gunung Dempo

Gunung Dempo ini memiliki ketinggian 3159 mdpl, cukup tinggi memang, tapi sajian istimewa bakal disajikan khusus bagi para pendaki yang mencapai puncak utama. Dan salah satunya pemandangan kawah aktif yang memiliki diameter kurang lebih 100 meteran. Uniknya lagi warnanya ini kadang berubah-ubah dan terkadang berwarna biru muda yang membuat semua rasa lelah kamu ketika mendaki hilang seketika. Belum lagi hamparan perbukitan nan hijau dan berbagai bungai berwarna-warni yang ada di puncak.

2. Perkebunan Teh

Hijaunya perkebunan teh benar-benar bisa menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah. Tak jarang juga tempat wisata di Sumatera Selatan ini sering digunakan untuk photo preweding maupun modeling. Sangat menarik memang, apalagi fasilitas penginapan juga tersedia seperti Villa Gunung Gare dengan gaya arsitektur tradisionalnya siap memanjakan kamu.

3. Air Terjun Curup Embun

Air terjun yang airnya memang sejernih embun dan air yang jatuh dari atas tebing membentuk embun-embun menyejukkan, disini kita juga bisa mandi di bawah air terjun tanpa takut tenggelam atau hanyut. Dengan suhu air yang kurang lebih 160C menjadikan perjalanan menuruni tebing untuk menuju kesini terbayar sudah.

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

4. Air Terjun Curup Mangkok

Menikmati segarnya Air Terjun Curup Mangkok. Rindangnya pepohonan yang ada di sekeliling air terjun menambah kesan asri dan juga semakin terlihat begitu indah dipandang.

Lokasi: Dusun Pematangbango, Desa Cughub Jare, Kecamatan Pagaralam Utara

5. Air Terjun Curup Maung

Keunikan Air Terjun Maung memiliki beberapa barisan air terjun yang indah karena berdampingan di sisi kanan dan sisi kirinya.

kalian disarankan menyiapkan kondisi fisik untuk sedikit trekking. Perjalanan menuju Curup Maung pun tak kalah indah karena kalian akan melewati kebun kopi. Waktu terbaik untuk melakukan trekking adalah saat pagi hari.

Lokasi: Atung Bungsu, Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

6. Air Terjun Lematang Indah

Failitasnya sangat memadai di obyek wisata ini, begitu juga dengan dengan adanya sungai di bawahnya, kamu bahkan bisa river tubing di aliran sungai Air Terjun Lematang Indah. Atau hanya sekedar berendam ataupun berenang karena memang sangat luas.

Lokasi: Dempo Utara, Pagar Alam, Sumatera Selatan

7. Green Paradise Pagaralam

Salah satu destinasi agrowisata yang menjadi favorit para wisatawan adalah Green Paradise. Dan obyek wisata ini memang sangat cocok buat wisata keluarga, terutama untuk anak-anak. Mereka bakal seneng banget dengan adanya air terjun buatan, kolam pemancingan, dan juga sungai buatan dimana anak-anak bisa bermain sepuasnya. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi areal perkebunan sayur, bahkan

Lokasi: Bumi Agung, Dempo Utara, Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

8. Dempo Park

View hamparan perbukitan nan hijau menjadi background fotografi yang sangat menarik, atau juga bisa dipadukan dengan sinar matahari dikala senja, bisa jadi menghasilkan karya seni yang sangat indah.

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

Jelas kan..? Jadi seperti diingatkan diatas “Ojo Lali Yo” mampir lah ke Pagar Alam Kota sejuk untuk melancong untuk “berwisata alam”.