Palembang, bentarlagi.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru beserta istri Hj. Febrita Lustia Deru menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 58 Rt 045 kelurahan 8 ilir, Kecamatan Ilir 3 Palembang, Rabu (17/4/2019)

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga dengan partisipasi masyarakat Provinsi Sumsel untuk menyuarakan hak pilihnya di tiap-tiap TPS. Ia berharap seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Sumsel dapat menyalurkan hak pilihnya. Terlebih, berdasarkan pengamatannya tidak ditemui kendala apapun.

“Dari hasil laporan yang saya terima sampai dengan berangkat ke TPS tadi, suasana penuh keriangan juga ditunjang cuaca yang baik. Harapan Saya provinsi Sumsel ini tidak ada keluhan bagi pemilih untuk menyampaikan hak suaranya baik karena jarak, kendala tranportasi. Provinsi Sumsel ini terkenal dengan partisipasi yang tinggi target 80 persen partisipasi,” ujarnya.

Setelah menunaikan hak suaranya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Sumsel antara lain Kapolda provinsi Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dimulai dari TPS 42 Jl. Dr. M. Isa RT 26/27 Kel. Duku Kec. IT III depan Bengkel Subur, kemudian TPS 20 Jl. Sungai Pinang Rt. 20 Dusun I Kec. Rambutan Kabupaten Banyuasin, diteruskan ke TPS 1 Dusun 2 RT 02/03 Desa Pegayut Kabupaten Ogan Ilir, dan sejumlah TPS yang berada di Kota Palembang.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menuturkan, peninjauan TPS dilakukan guna memastikan keamanan dan kelancaran dari penyelenggaraan pesta demokrasi seluruh rakyat Republik Indonesia terkhusus di Provinsi Sumsel. Apalagi Pemilu 2019 merupakan pemilu yang pertama kali negara Indonesia melangsungkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif secara serentak.

Dalam peninjauannya ke tiap-tiap TPS, Herman Deru selalu menyerukan kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, terlebih untuk masyarakat yang mempunyai kendala seperti tidak menerima undangan C 6.

Dijelaskannya, bahwa masyarakat masih tetap bisa menggunakan hak suara nya dengan membawa e-ktp atau surat keterangan.

“Ini Pemilu pertama kali di negara kita yang bersamaan Pilpres dan Pileg. Artinya tentu suasana ini yang ditunggu oleh masyarakat sebagai kanal aspirasi kita. Terimakasih untuk para pejuang demokrasi mudah-mudahan hasilnya segera ditetapkan penyelenggara sesuai harapan kita,” katanya.

Herman Deru turut mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan oleh panitia disetiap TPS yang telah memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan pelayanan yang begitu baik.

“Mudah-mudahan yang menang ini adalah yang betul-betul sesuai harapan kita. Selama ada keterangan dari daerah asal untuk pemilihan Presiden bisa dilakukan dimana saja,” pungkasnya. (Yanti)