Palembang, bentarlagi.com – Poltekpar Palembang menggelar Workshop Sport Tourism dengan tema “From Concep To Operation” di Kampus Poltekpar Palembang, Rabu (7/8/2019). Workshop ini memberikan materi kepada mahasiswa Poltekpar Palembang tentang membuat even sport tourims yang berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan.

Direktur Poltekpar Palembang Dr Zulkifli Harahap MM Par, CHE mengatakan, Poltekpar Palembang telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya sebagai Center of Excellence Sport Tourism atau pusat layanan unggulan wisata olahraga. “Kami ingin memberikan materi kepada mahasiswa mengenai penyelenggaraan even sport untuk sebuah distenasi. Sumsel sudah mendapatkan brand sebagai pusat Olahraga. Ini terbukti telah digelarnya even berstandar internasional Asian Games. Kami ingin memberikan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa bagaimana mengolah even sport. Jadi kita buat workshop yang mendatangkan narasumber handal seperti bapak Ndang Mawardi, Irman Jayawardhana, dan bapak Hasan Abdul Gani, ” ujarnya.

Zulkifli mengungkapkan, pihaknya juga mengundang semua stakeholder seperti Pemda, Swasta, dan lainnya. “Kita ingin mengangkat ekonomi dari even olahraga, ” ucapnya.

“Apalagi di Palembang banyak even yang berhubungan dengan olahraga seperti Asian Games, dan MXGP baru baru ini. Selain itu, mahasiswa kita juga sudah beberapa kali menggelar even bersifat nasional dan regional seperti Jakabaring Wonder Full Run, dan Milenial Bowling. Even itu, sukses mendatangkan wisatawan ke Palembang, dan meningkatkan kunjungan wisatawan, ” tanbahnya.

Selain itu, lanjut Zulkifli, pihaknya sering melakukan Bimtek ke daerah seperti Danau Ranau, untuk membuka wawasan kepada masyarakat kalau wisata olahraga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. “Bahkan Presiden Joko Widodo telah menetapkan kalau pusat bisnis di Indonesia dari bidang Pariwisata. Harapan kami, dengan sering dilaksanakannya workshop seperti ini, kami memiliki SDM yang unggul. Tidak hanya bekerja di industri, tapi juga busines pariwisata, ” bebernya.

Sementara itu, narasumber akademisi dari Universitas Prasetiya Mulya Irman Jayawardhana MSc menuturkan, dalam workshop ini dirinya memberikan materi tentang bagaimana membuat even sport tourism dari skala kecil hingga besar. “Yang terpenting adalah planing. Dan Palembang sudah beberapa kali sukses menjalankan even nasional dan internasional,” katanya.

“Dalam membuat even, kita harus tau customernya, dan melibatkan komunitas sangat penting,” bebernya.

Menurutnya, Sumsel memiliki potensi kebudayaan yang bagus untuk dikembangkan. Apalagi, Palembang memiliki budaya campuran dengan Tionghoa. Jadi bisa dibuat even Perahu Naga di Sungai Musi.

Chief Executive Officier Inspiro Sportourism yakni Ndang Mawardi menuturkan, potensi Sumsel ini sangat besar. Apalagi, Gubernur Sumsel sebelumnya sangat antusias menggaungkan Provinsi Sumsel yakni Provinsi pusat olahraga. “Jadi disini harus dilahirkan even internasional. Supaya gaungnya terus terdengar, tidak hanya Asian Games, ” katanya.

Menurutnya, kunci sukses dalam melaksanakan even adalah harus dilaksanakan dengan baik, konsisten dan ada komitmen dari pemerintah, swasta dan masyarakat.
“Disini kita memotivasi adik-adik mahasiwa bagaimana membuat even yang baik dan bisa berjalan dengan sukses,” katanya.

Narasumber lainnya Direktur Utama Promotor Tirnamen Mahaka Sport And Entertaimen Hasan Abdul Gani menambahkan, dalam workshop ini pihaknya berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa terkait membuat even terutama even olahraga.

“Workshop ini bagus. Kalau bisa dilaksanakan continue. Disini kita berbagi pengalaman bagaimana mencari sponsor, termasuk menjaga relasi. Kita berbagi ilmu dan pengalaman, terkait apa saja yang bisa dikembangkan di Palembang, ” paparnya.

“Bagi adik-adik mahasiswa yang berminat menjadi promotor even, saran saya bekerjalah dulu dengan yang sudah berpenagalaman baik di promotor maupun EO. Sehingga bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman untung rugi menjadi promotor. Intinya, jangan takut gagal. Karena dari kegagalan itulah kunci kesuksesan, ” pungkasnya. (yn)