Palembang, Bentarlagi.com – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Selatan (Sumsel) turut serta berbagi “buah tangan” untuk wartawan. Aneka lombapun disajikan.

Pada momentum peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74, IWO yang kini memiliki gedung sekretariat di Jalan Ratu Prawira Negara Baypass, Musi II, Palembang terus berupaya menjadi gerbang terdepan dalam memeringati Hari Besar Nasional.

Kali ini, IWO Sumsel menggelar berbagai jenis ajang perlombaan. Kegiatan itu berlangsung selama empat hari, mulai sejak 16 Agustus hingga 20 Agustus 2019. Ada lomba gaple antar wartawan se-Sumsel. Lomba foto jurnalistik mengangkat tema “Kemerdekaan”. Juga ada lomba karaoke.

Di depan para peserta, Ketua IWO Sumsel, Sonny Kushardian menyampaikan bahwa saatnya IWO selaku organisasi wartawan bersiap merangkul kalangan sesama profesi wartawan.

“Lomba-lomba ini tidak hanya sekadar menjadi ajang silaturahmi, tetapi IWO ingin selalu dekat di hati para media online yang ada. Itu cita-cita kita,” kata Sonny.

Dia juga mengemukakan, perjuangan IWO di dalam mengisi kemerdekaan tak berhenti saat peringatan 17 Agustus 1945. Namun, IWO juga diharapkan mampu memupuk lahirnya generasi-generasi para ‘kuli tinta’ yang tangguh serta memiliki karya aksi nyata.

“Barangkali ini waktunya bagi profesi wartawan dan jurnalis untuk saling bahu-membahu. Dan, IWO akan tetap di garis terdepan untuk kegiatan yang positif seperti olahraga, kesenian, pelestarian lingkungan, serta peringatan hari besar Nasional,” Sonny menjelaskan.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Proklamasi HUT RI ke-74, Muhardi Aan menyebutkan, kegiatan lomba 17 Agustus adalah bagian penting guna meningkatkan tali persaudaraan sesama wartawan.

“Alhamdulillah, peserta yang berpartisipasi cukup banyak. Ini pertanda IWO cukup dicintai oleh wartawan. Tentunya kita juga ucapkan terimakasih banyak pada sponsorship yang turut menyukseskan acara ini,” sambung Aan.

Untuk pemenang Lomba Gaple diraih oleh Ahmad Maulana dan Beb sebagai Juara 1, Andre dan Jerry sebagai Juara 2, serta Rinaldi Syahril dan Sonny Kushardian selaku Juara 3. Sementara itu pemenang lomba Foto Jurnalistik dan lomba Karaoke ditentukan pada hari penutupan Selasa 20 Agustus 2019.

“Pemenang lomba Foto Jurnalistik dan lomba Karaoke akan diumumkan saat penutupan,” ia menyampaikan. (rsdjafar)