Palembang, Bentarlagi.com – Generasi muda milenial tetap perlu diperkenalkan dengan empat pilar berbangsa dan bernegara. Guna meredam aksi radikalisme, sosialisasi sejarah empat pilar diharapkan dapat menjadi solusi. Empat pilar jangan sampai hilang sampai kapanpun. 

Tidak biasanya, wajah Wahyu Sanjaya SE anggota DPR/ MPR RI asal Sumatera Selatan menghiasi kegiatan sosialisasi empat pilar.

“Empat pilar ini jelas untuk anak cucu kita, kelak,” cetusnya.

Di layar pertemuan, itu Wahyu coba bercerita tentang bagaimana sejarah empat pilar berbangsa dan bernegara. Dengan wajah yang berseri, Wahyu menyebutkan betapa pentingnya arti sosialisasi empat pilar tersebut.

“Kita ingin mengenalkan kembali apa itu empat pilar berbangsa dan bernegara ini. Lihatlah persoalan berbangsa kita. Begitu rapuh nilai-nilai dalam berkehidupan. Untuk itu, saya rasa empat pilar pembangunan adalah jawaban demi terjaga NKRI,” demikian disampaikan Wahyu Sanjaya, Anggota DPR/MPR RI saat menggelar sosialisasi Empat Pilar, Senin 25 November 2019.

Bahkan Wahyu memandang pemahaman pentingnya empat pilar tersebut, apalagi di zaman sekarang ini rakyat Indonesia sedang menghadapi isu-isu bernuansa radikalisme serta ancaman globalisasi.

Rupanya tak sampai di situ, Wahyu pun coba memaparkan perkembangan isu-isu terkait dengan negeri Papua ia jelaskan secara sistematis.

“Untuk Papua, harusnya dilakukan dengan pendekatan yang sistematis. Bukan sebaliknya secara militer. Sarananya apa…? Saya kira media ataupun medianya adalag Pancasila, Undang-undang 1945, NKRi, serta Bhinneka Tunggal Ika,” Wahyu menyebutkan.

Pada era teknologi informasi yang amat dahsyat, sambung Wahyu, generasi muda terkini juga perlu memersiapkan diri sehingga arus teknologi itu dapat menyentuh masyarakat luas.

“Ini menarik sekali jika kita kaitkan dengan empat pilar berbangsa dan bernegara. Barangkali kita sepakat bahwa Sumatera Selatan ini tergolong provinsi yang cukup aman.

“Namun, satu hal yang membuat saya agak sedikit kuatir yaitu jangan sampai generasi sekarang ini kehilang arah. Karena itu empat pilar ini adalah untuk anak-anak cucu kita nanti” ucap Wahyu yang kini duduk di Komisi 2 DPR/MPR RI. (rsdjafar)