PALEMBANG, Bentarlagi.com – Hj Eva Susanti Anggota DPD RI dalam menjalankan tugasnya pada masa sidang ke-1 Tahun 2019-2020 di luar gedung parlemen berupa reses di Daerah Pemilihan Sumatera Selatan.

Kali itu, Eva Susanti mendatangi kantor Kedeputian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan wilayah Sumsel, Babel dan Bengkulu yang berkantor di Palembang, Kamis 26 Desember 2019. Usai BPJS, Eva bahkan menyempatkan diri mengunjungi Rumah Sakit Siti Fatimah Sumsel, Jumat 27 Desember 2019.

Pada reses kali ini, senator yang akrab disapa Yuk Eva ini menjelaskan bahwa ada tiga isu penting untuk dicarikan solusinya baginya yang ki i duduk di DPD RI Komite III. Antaralain inventarisasi pengawasan atas pelaksanaan UU Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. UU Nomor 24 Tahun 2011 Tentang BPJS khusus BPJS Kesehatan. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Khusus penghapusan Ujian Nasional.

“Ya, tentu di dalam reses ini banyak sekali keluhan dan usulan serta saran konstituen kepada saya,” Eva menyampaikan.
Sambung Eva, ia bahkan sudah berdiskusi panjang bersama Elsa Novelia Deputi Direksi Wilayah BPJS.

“Kami membicarakan tentang keluhan warga naiknya iuran BPJS, kemudian pelayanan medis bagi peserta BPJS. Dan, saya meminta agar ada koordinasi yang baik antara pihak rumah sakit dengan BPJS. Saat ini konstituen saya di setiap daerah hampir tiap hari menyampaikan keluhan masalah BPJS diantaranya kenaikan iuran BPJS, sulitnya pelayanan di rumah sakit, banyaknya penyakit yang tidak diakomodir dalam tanggungan BPJS. Tentu itu semua menjadi keprihatinan saya,” dilanjutkan Eva.

Tak sampai di situ, lanjut Eva, ia begitu sensitif ketika mendengar ada pengaduan masyarakat tentang keluhan berobat yang menggunakan tanggungan BPJS.

“Sebagai perempuan naluri keibuan itu sangat peka. Makanya, saya berupaya mencari akar masalah agar ke depan BPJS dapat berbenah, rakyat terlayani dengan baik karena pelayanan kesehatan merupakan hak dasar,” jelasnya.

Elsa Novelia, Deputi Direksi BPJS Wilayah Sumbagsel menyebutkan, dia mewakili pihak BPJS sangat berterimakasih dengan kedatangan Anggota DPD RI Eva Susanti sebagai wakil dari Sumsel. Elsa mengakui memang banyak persoalan yang tengah dihadapinya.

“Dan dimohonkan dukungan dari DPD RI untuk mengkomunikasikan dengan kepala daerah dalam hal ini gubernur, bupati dan walikota guna mendukung kerjasama dalam mensukseskan program BPJS yang disubsidi oleh pemerintah,” ucap Elsa.

Dalam Reses Jum’at, 27 Desember 2019, senator cantik asli berdarah Musi ini, mengunjungi rumah sakit umum daerah Siti Fatimah Palembang. Kedatangan Eva Susanti disambut Wakil Direktur RS Siti Fatimah dr. Syamsuddin Isaac.

“Kami berdiskusi dengan wakil direktur, dokter, perawat dan karyawan rumah sakit. Banyak aspirasi yang saya serap dari mereka. Diantaranya perlu pembenahan sistem dan alur kebijakan BPJS, tidak semua penyakit dapat ditanggung oleh BPJS, alur birokrasi yang cukup menyulitkan. Tentu itu semua menjadi catatan saya untuk berdiskusi rapat di komite III bersama Kementerian Kesehatan dan Direktur Utama BPJS pusat,” diterangkan Eva.

Tak berasa hampir 60 menit Eva dialog dengan pihak Rumah Sakit Siti Fatimah. Ia juga sempat mengunjungi pasien di rawat inap pengguna BPJD di ruangan kelas 3.

“Saya do’akan semoga Ibu cepat sehat, ada kesulitan dalam mengurus administrasi penggunan BPJS..! Lalu, bagaimana pelayanan di sini…?,” Eva balik bertanya.
Spontan di pasien pun menjawab.

“Alhamdulillah Bu Eva, semua kami ikuti prosedur, untuk pelayanan rumah sakit cukup baik,” kata pasien bangga.

Wakil Direktur RS Siti Fatimah dr. Syamsuddin Isaac menuturkan, ia sangat berterimakasih atas kedatangan Eva Susanti. Untuk sekarang ini ia butuh dukungan dari DPD RI karena rumah sakit ini masih baru beroperasi dua tahun terakhir ini dengan RS tipe B.

“Kami butuh masukan dan saran dari Bu Eva Susanti guna pengembangan ke depan,” tutupnya. (rsdjafar)